Daftar Istilah Kelistrikan

Dalam dunia kelistrikan seringkali kita mendengar istilah dalam Bahas Inggris. Terkadang sebagai orang awam, kita kurang memahami artinya. Terutama di website ini yang mempromosikan produk terkait daya listrik atau electric power.

Berikut adalah penjelasan singkat dari masing-masing istilah:

  • UPS singkatan dari Uninterruptible Power Supply. Dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan menjadi Pasokan daya bebas gangguan. Sesuai dengan kepanjangannya, UPS adalah alat elektronik yang secara terus-menerus memasok daya listrik untuk mencegah gangguan. Sehingga perangkat elektronik lain yang terhubung dengan UPS, akan tetap hidup walau listrik mati.
  • Compliant with standards for electric power supply system: Sesuai dengan standar sistem pasokan listrik. Ini menunjukkan bahwa perangkat tersebut memenuhi standar keselamatan dan kinerja yang telah ditetapkan oleh badan-badan pengatur atau organisasi terkait.
  • High input power factor: Faktor daya masukan yang tinggi. Ini menunjukkan kemampuan perangkat untuk menggunakan daya listrik secara efisien dengan mengurangi jumlah daya yang hilang atau tidak digunakan dalam operasinya.
  • Output isolated transformer: Trafo terisolasi pada keluaran. Ini menunjukkan bahwa perangkat memiliki trafo yang terisolasi pada keluarannya, yang dapat mengurangi risiko kebocoran arus atau tegangan listrik yang berbahaya pada perangkat yang terhubung.
  • Fully DSP control, high reliability and performance: Kontrol DSP penuh, keandalan dan kinerja yang tinggi. Ini menunjukkan bahwa perangkat dikendalikan sepenuhnya oleh prosesor sinyal digital (DSP) yang memungkinkan kontrol yang presisi dan andal, serta kinerja yang tinggi.
  • Wide input voltage range: Rentang tegangan masukan yang luas. Ini menunjukkan kemampuan perangkat untuk menerima tegangan masukan yang bervariasi, yang dapat memperluas kemampuan perangkat untuk digunakan di berbagai kondisi.
  • DC cold start function: Fungsi start dingin DC. Ini menunjukkan kemampuan perangkat untuk dihidupkan dari sumber daya DC saat perangkat dalam kondisi dingin atau belum terhubung ke sumber daya listrik.
  • EPO function: Fungsi EPO (Emergency Power Off). Ini menunjukkan kemampuan perangkat untuk dihentikan dengan cepat dan aman dalam situasi darurat.
  • Intelligent RS232/RS485 Communication Port: Port komunikasi RS232/RS485 cerdas. Ini menunjukkan bahwa perangkat dilengkapi dengan port komunikasi RS232/RS485 yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan sistem kontrol atau pemantauan lainnya. Port ini juga dapat berfungsi secara otomatis untuk mengatur pengoperasian perangkat atau memberikan data dan informasi yang berguna.
  • SNMP adapter singkatan dari Simple Network Management Protocol adapter. Sebuah alat atau perangkat keras yang digunakan untuk memungkinkan manajemen jarak jauh dan pengawasan perangkat jaringan menggunakan. Dengan SNMP adapter, perangkat jaringan seperti router, switch, server, dan firewall dapat dipantau, dikonfigurasi, dan dikelola dari jarak jauh melalui perangkat lunak manajemen jaringan yang kompatibel dengan protokol SNMP. SNMP adapter juga dapat memberikan pemberitahuan (notification) tentang keadaan jaringan yang abnormal, seperti kerusakan perangkat jaringan atau overload, sehingga masalah dapat segera diatasi sebelum mempengaruhi operasi jaringan secara keseluruhan.

Demikian sekilas daftar istilah kelistrikan dalam bahasa Inggris yang dijelaskan secara sederhana dalam bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *